Tips Memilih Mobil Bekas Agar Tidak Menyesal Salah Pilih

Mobil Bekas

Mobil menjadi salah satu kendaraan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Jika membeli mobil baru dari dealer resmi tentu dari segi harga masih cukup tinggi. Menyiasati hal tersebut, banyak yang lebih memilih membeli mobil bekas karena dari segi harga lebih terjangkau. Sebelum membeli, penting untuk memperhatikan beberapa tips memilih mobil bekas, agar nantinya tidak terjadi kesalahan dalam memilih.

6 Tips Memilih Mobil Bekas 
Membeli mobil bekas tentu berbeda dengan membeli mobil baru dari dealer resmi. Mobil bekas umumnya telah dipakai oleh pemilik mobil sebelumnya. Untuk itu penting memperhatikan beberapa tips memilih mobil bekas, agar mobil yang diinginkan seperti yang diharapkan. Berikut tips yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil bekas.

1. Pastikan Kondisi Mesin Mobil
Memastikan kondisi mesin mobil adalah hal pertama yang harus dilakukan sebelum membeli mobil bekas. Untuk memastikan kondisinya, dengan meminta tolong teman atau orang yang ahli dalam bidang mesin mobil. Jangan segan untuk mencoba secara langsung atau test drive di jalan untuk membantu menilai kualitas mesin. Salah satu ciri mobil yang masih layak dapat dilihat saat distarter dan rasakan suara mesinnya. 

2. Cek Body Mobil
Tips selanjutnya yang tidak kalah penting seputar body mobil. Pastikan kondisi body dan eksterior masih dalam kategori layak pakai. Penting untuk langsung memeriksa seperti pintu, kap mesin, dan kondisi kaca mobil apakah termasuk asli atau telah dimodif. Selain itu kondisi cat mobil juga dapat menjadi pertimbangan sebelum menentukan membeli atau tidaknya.

3. Kelengkapan Dokumen Mobil
Tips memilih mobil bekas agar tidak menyesal yakni kelengkapan dokumen harus jelas dan transparan. Pastikan surat kendaraan seperti STNK, BPKB, dan faktur telah lengkap tanpa masalah. Selain itu penting untuk mengecek nomer rangka dan nomer mesin mobil. Semua surat-surat harus sama nomernya dengan nomer fisik yang ada pada mobil. Kelengkapan dokumen akan memudahkan dalam hal pindah kepemilikan. 

4. Waspadai Harga Mobil Miring
Membeli mobil meskipun bekas tentu tergolong barang yang tidak murah. Untuk itu penting agar lebih waspada dalam melakukan transaksi. Jika harga yang ditawarkan tidak sama seperti harga pada umumnya, meskipun murah harus tetap waspada. Bandingkan semua pilihan yang ada dan pilih sesuai dengan kualitas dan harga yang sesuai.  

5. Jangan Terburu-buru
Jangan terburu-buru untuk menentukan keputusan. Segala aspek harus diteliti terlebih dahulu sebelum membeli. Baik dari segi kualitas mobil dan kelengkapan surat menjadi hal penting. Pemilik sebelumnya tentu menjual mobil tersebut karena memiliki riwayat cerita yang melandasi mobil tersebut dijual. Gali informasi seputar hal tersebut sebelum transaksi terjadi. 
Tips memilih mobil bekas menjadi solusi dan bahan informasi agar dalam memilih mobil bekas tidak mengalami kerugian. Dari segi harga mobil bekas menjadi incaran banyak orang, khususnya bagi pemilik budget yang seba pas. Selisih yang cukup tinggi dengan harga mobil baru menjadikan banyak orang memilih mobil bekas. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk pembaca.




Post a Comment

0 Comments