Cari Tahu Jenis Rem Mobil Dan Kegunaannya

Rem Mobil

Rem mobil adalah bagian komponen vital yang sangat penting. Oleh karenanya Anda harus tahu jenis rem mobil dan kegunaannya. Salah satu kegunaannya adalah untuk membuat berhenti mobil. 
Yang mana cara ini salah, karena sebenarnya jika dalam menghentikan mobil sebaiknya mengurangi terlebih dahulu lajunya, bukan menginjak mobil kuat-kuat. Jika menginjak mendadak menginjak rem dengan kuat justru malah akan mengurangi daya cengkeram pada ban mobil.
Jenis-Jenis Rem Mobil Dan Kegunaannya
Agar bisa menghentikan laju mobil, kita harus paham tentang jenis rem mobil berikut kegunaannya. Jadi saat akan mengemudikan atau memberhentikan mobil, maka dapat menggunakan rem yang terdapat pada mobil Anda.
1. Rem Mobil Tromol
Rem tromol adalah rem yang menggunkan hidrolik system dengan bantuan tekanan dari pelumas. Cara kerja rem tromol ini yaitu melakukan gesekan pada kampas dan brake pads (sepatu rem) dengan tromol atau drum bake. 
Jadi rem tromol ini akan mengikuti perputaran roda ban, sehingga meskipun mobil mengangkut muatan berat tetap bisa maksimal kerjanya. Rem tromol ini biasanya terdapat pada mobil buatan lama.
2. Rem Mobil Angin
Rem angin ini pada dasarnya adalah rem tromol yang dibantu dengan sistem hidrolik namun dengan menggunaan batuan dari tekanan angin. Jadi kerjanya juga sangat maksimal, apalagi jika dipakai pada mobil muatan berat. Rem angin ini biasanya terdapat pada kendaraan berat, misalnya bus dan truk. Rem angin ini kini semakin canggih, kemungkinan terjadinya rem blong sangat kecil.
3. Rem Mobil Cakram
Rem cakram ini merupakan jenis rem mobil yang saat ini sering dipakai untuk mobil modern. Rem cakram terbagi menjadi tiga bagian yaitu disc atau cakram, kemudian kaliper dan yang ketiga kampas rem. 
Cara kerja dari rem cakram ini memang sederhana namun sangat optimal. Rem cakram digerakkan dengan kombinasi yang apik dari kaliper dan kampas rem melalui bantuan pelumas yaitu oli. Ketika pedal rem diinjak, maka kampas rem akan terdesak oleh kaliper, yang kemudian rem cakarm yang berputar akan terjepit.
Maka sebab itulah rem cakram ini sangat optimal penggunaannya. Namun perlu ditekankan lagi, saat menggunakannya jangan langsung menginjak dengan sekuat tenaga. Karena jika mobil melaju dengan cepat maka ban akan tergigit tiba-tiba. Ban mobil akan berhenti tiba-tiba dan mobil dapat berputar cepat yang sagat berbahaya bagi pengemudi.
Untuk penggunaannya, biasa lebih dipilih rem cakram berlubang daripada yang normal. Hal tersebut dikarenakan rem cakram berlubang dapat menahan panas lebih lama. Dengan demikian pemakain rem cakram berlubang mempunyai kestabilan yang lebih.
Nah, sekarang sudah tahu khan jenis rem mobil dan gunanya. Semoga dengan pengetahuan tadi akan membantu Anda dalam pemilihan menggunakan rem yang ada pada mobil dengan lebih tepat. Jangan lupa untuk mengecek rem secara rutin agar fungsinya juga semakin maksimal. 




Post a Comment

0 Comments