Tips Cara Merawat Air Radiator Mobil

Merawat Radiator

Hal yang wajib diperhatikan dalam merawat mobil adalah dengan cara merawat air radiator. Karena air radiator merupakan komponen penting dalam sebuah mobil yang berfungsi sebagai alat pendingin mesin. 
Peran pendingin suhu pada air radiator didukung pula oleh oli mesin, cairan pendingin dan udara. Semuanya bekerja dalam keterkaitan satu sama lain. Namun yang paling penting adalah efisiensi kinerja mesin itu sendiri. 

Tips Merawat Air Radiator Mobil
Radiator merupakan tempat penampung utama untuk mendinginkan cairan. Itulah alasan mengapa kondisi radiator wajib dirawat kebersihannya. Baik kebersihan dalam radiator maupun kebersihan area luar radiator. 
Sayangnya, masih banyak sekali yang mengabaikan cara merawat air radiator dengan baik. Padahal jika radiator tidak terawat akan menyebabkan kerusan mesin mobil. Berikut adalah beberapa tips merawat air radiator mobil yang dapat Anda lakukan:

1. Perhatikan Volume Air Radiator
Memerhatikan volume air radiator akan membuat mesin mobil menjadi terawat. Permasalahan pada mesin biasanya terjadi akibat overheat atau peningkatan temperatur mesin yang drastis. 
Apabila overheat terjadi, maka akan menyebabkan tekanan pada penutup radiator. Tekanan ini akan merambat pada tabung cadangan air radiator. Jika dibiarkan akan membuat radiator vakum atau terhenti, hingga akhirnya mesin menjadi rusak. 
Maka cara merawat air radiator adalah dengan cara mengetahui batas aman volume air radiator pada mesin mobil Anda. Batas aman air radiator biasanya berada diantara batas full dan batas low air radiator. 

2. Bersihkan Radiator Secara Rutin
Cara merawat air radiator selanjutnya adalah dengan membersihkan radiator secara rutin. Langkah ini bertujuan agar temperatur mesin mobil tetap terjaga dan terhindar dari kotoran logam yang akan menyebabkan korosi. Lakukan kegiatan ini dalam 2 minggu sekali agar radiator dan mesin mobil tetap sehat.

3. Jangan Gunakan Air Keran
Langkah ini bertujuan agar radiator terhindar terhindar dari unsur besi yang ada dalam air keran. Karena akan menyebabkan korosi pada tangki radiator. Jika hal tersebut terjadi, maka dapat dipastikan mesin mobil akan berkarat. 

4. Gunakan Radiator Coolant
Cara merawat air radiator berikutnya adalah dengan memakai radiator coolant. Radiator coolant merupakan air radiator khusus mobil. Fungsi air radiator coolant adalah untuk membersihkan sisa karat dan kotoran yang menempel pada tangki radiator. 

5. Tutuplah Tangki Radiator
Langkah terakhir dalam cara merawat air radiator adalah dengan selalu menutup tangki radiator. Menutup tangki radiator dengan benar akan mencegah kebocoran ketika menahan temperatur mesin yang panas. 

Itulah beberapa tips cara merawat air radiator agar mesin tetap dalam kondisi prima. Dan jangan lupa juga untuk selalu memastikan dan selalu mengecek saluran air radiator dan juga tabung cadangan air radiator yaa. Meski terlihat sepele, namun jika dibiarkan saja akan menyebabkan kerusakan pada mesin mobil. Maka, selalu cek dan perhatikan volume air radiatornya yaa. Semoga bermanfaat!

1 comment :

  1. Nissan-Mitsubishi Rancang Mobil Listrik Harga Rp 200 Jutaan
    Beberapa harga mobil listrik memang relatif mahal. Namun, tak perlu khawatir, Nissan dan Mitsubishi dilaporkan berencana meluncurkan mobil listrik di tahun 2021. Melansir melalui Nikkei, mobil listrik ini nanti berukuran kecil seperti kei car. Mobil tersebut akan dijual dengan harga...Baca Selengkapnya

    ReplyDelete

Copyright © Blog Otomotif. Designed by OddThemes