Teknologi Penggerak Pada Roda Mobil

Teknologi Penggerak Roda Mobil

Kehadiran industri otomotif pada saat ini harus di iringi dengan inovasi teknologi otomotif yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan pada penggunanya. Dengan adanya inovasi terhadap teknologi otomotif, masyarakat pengguna otomotif akan di manja dengan sistem teknologi yang terus berkembang dan aman ketika berkendaraan.
Salah satu teknologi otomotif yang ada sekarang adalah sistem penggerak pada roda mobil. Penggerak roda mobil merupakan salah satu penyalur tenaga dari mesin ke roda. Sistem ini merupakan rangkaian yang terhubung dari kemudi mesin dan roda. Hal ini menjadi penting karena bisa menentukan kenyamanan, kestabilan, dan efisiensi pada saat berkendaraan.
Untuk diketahui, ada lima jenis sistem penggerak pada roda mobil, yaitu FF (Front Engine-Front Wheel Drive), FR (Front Engine-Rear Wheel Drive), MR (Mid Engine-Rear Wheel Drive), RR (Rear Engine-Rear Wheel Drive), dan yang terakhir 4WD/AWD (Four Wheel Drive/All Wheel Drive).
Di Indonesia, sistem yang paling banyak digunakan untuk sistem penggerak adalah FF da FR. Pada sistem FF, mesin mobil berada di bagian depan mobil dan penggerak mobil berada di roda depan. Sedangkan pada sistem FR, mesin mobil berada di bagian depan mobil dan penggerak berada pada roda belakang.
Mobil dengan  teknologi penggerak FF, beban mobil menjadi lebih karena tidak adanya tambahan komponen pada sistem penggerak yang menghubungkan putaran mesin dengan roda belakang. Selain itu, mobil dengan sistem penggerak FF akan lebih baik dapa jalanan licin seperti saat hujan. 
Sedangkan untuk teknologi penggerak FR, adanya akselerasi yang lebih baik dalam hal keseimbangan pada saat kendaraan dikemudikan dengan kecepatan tinggi. Ini terjadi karena berat pada kendaraan rata mulai dari depan sampai ke belakang. Selain itu, mobil dengan teknologi FR memiliki tenaga yang kuat saat di tanjakan dan pada saat membawa penumpang yang penuh.
Sekian info otomotif tentang teknologi penggerak pada roda mobil, semoga bermanfaat.

1 comment :

Copyright © Blog Otomotif. Designed by OddThemes