Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Punya Mobil Tua, Begini Cara Merawat Mobil Tua Agar Performanya Tetap Jreng!

Cara Merawat Mobil Tua

Punya mobil tua di saat seperti ini adalah kebanggaan tersendiri. Tidak mudah untuk mendapatkan mobil tahun lawas, karena kolektor mobil tua semakin sedikit. Harga mobil tua pun sangat mahal. Oleh karena itu, jika berkesempatan memiliki mobil tua ibarat memiliki harta berharga. Paling penting adalah mengetahui bagaimana cara merawat mobil tua yang tepat.

Mengingat merawat mobil tua dengan mobil baru sangat berbeda. Komponen antara mobil tua dan mobil saat berbeda jauh. Utamanya bagian mesin, dimana mesin mobil tua termasuk langka untuk didapatkan. Mobil tua jika dirawat dengan baik dapat bertahan lama dan akan meningkatkan harga jualnya apabila dilepas untuk orang lain. 

Cara Merawat Mobil Tua yang Tepat Agar Performa Tidak Turun
Mobil tua dalam hal perawatan memang membutuhkan perawatan khusus. Tidak sama seperti mobil generasi saat ini, tidak bisa sembarangan dalam melakukan segala perawatan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah cara merawat mobil tua yang dapat diterapkan di rumah agar performa mobil tetap sama saat dibeli pertama kali;

1. Wajib Perhatikan Kondisi Komponen
Sesuai dengan namanya, kekuatan mobil tua tentu tidak sekuat mobil baru. Perawatan harus rutin dilakukan agar saat digunakan tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Beberapa komponen dalam mobil harus sering diperhatikan. Misalnya saja ban mobil, bagian rem, kaki-kaki dan yang lainnya.

2. Wajib Periksa Radiator
Hal lain yang wajib diperhatikan dalam merawat mobil tua  adalah bagian radiator. Bagian ini memiliki peran penting yaitu sebagai pendingin suhu pada mesin. Jadi, tak bisa dibiarkan begitu saja. di dalam radiator terdapat air dimana dalam jangka waktu tertentu akan habis. Ada baiknya apabila sering dilakukan pengecekan untuk menghindari macet mendadak.

3. Jangan Malas Ganti Oli
Cara merawat mobil tua yang urgent dan wajib diperhatikan adalah soal ganti oli. Mobil tua, untuk urusan oli lebih boros dibandingkan dengan mobil baru. Biasanya sebulan sekali harus diganti. Jika diperhatikan, lebih sering ganti oli akan memakan biaya lebih banyak untuk perawatan. Akan tetapi, jika malas ganti oli akan berdampak pada kondisi mesin yang jadi rusak parah. Biaya akan lebih besar.

4. Rawat Cat Mobil Secara Berkala
Bukan hanya mesin saja yang butuh diperhatikan, cat mobil pun demikian. Tujuannya agar body mobil tua tetap terlihat fresh dan baru. Dalam jangka waktu tertentu, lapisan cat mobil akan mudah pudar. Agar tetap terawat dan enak dilihat, sebaiknya secara berkala cat mobil diperbaharui. Entah ganti warna atau sama dengan warna aslinya.

5. Lakukan Servis Mesin dengan Rutin
Apabila busi pada mobil tua tidak berfungsi lagi, segera ganti dengan yang baru. Karburator dan aki mobil juga jangan lupa untuk diperhatikan. Mesin mobil tua apabila terawat akan memiliki kinerja yang baik serta performa yang tetap bagus. Mobil pun tetap bisa diandalkan. Bawa ke bengkel langganan apabila mobil membutuhkan perawatan yang kompleks. 

Ingat, mobil tua butuh perawatan yang lebih intens untuk menjaga kondisinya tetap fit. Cara merawat mobil tua di atas, dapat dipraktikkan di rumah mulai saat ini. semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba

Post a Comment for "Punya Mobil Tua, Begini Cara Merawat Mobil Tua Agar Performanya Tetap Jreng!"