Yuk Cari Tahu Cara Mengecek Rem Mobil Agar Aman Dalam Berkendara

Cara Mengecek Rem Mobil

Hal utama yang paling diperhatikan saat berkedara adalah keselamatan. Oleh karenanya jika akan mengendarai mobil, sebaiknya cek dahulu kondisi mobil. Yang utama adalah sistem keselamatannya, terutama remnya. Nah bagaimana cara mengecek rem mobil saat akan digunakan? Berikut ringkasan yang dapat Anda lakukan saat mengecek keadaan rem apakah masih layak atau tidak.

Cara Mengecek Rem Mobil Saat Akan Digunakan
Saat akan mengemudi, apalagi jika akan melakukan perjalanan jarak jauh, sebaiknya memang melakukan pengecekan mobil, terutama pada bagian remnya. Ada cara gampang yang bisa dilakukan sebagai cara mengecek rem mobil Anda.
1. Memperhatikan Injakan Pada Pedal Rem Mobil
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan merasakan injakan rem. Caranya yaitu ketika menekan pedal rem pada mobil, cobalah untuk merasakannya. Apakah terlalu lembut, seret atau yang lainnya. Jika terdapat hal-hal tersebut maka booster pada rem mengalami kerusakan, jadi perlu perbaikan.
2. Perhatikan Apakah Ada Suara Ketika Sedang Mengerem
Sebelum melakukan perjalanan, cobalah untuk mengendari mobil sebentar, dan cek remnya dengan megerem mobil. Perhatikan baik-baik cara mengecek rem mobil saat melakukan pengereman apakah timbul suara. 
Suara yang dimaksud di sini adalah seperti suara gesekan atau suara melengking. Jika timbul suara tersebut, maka rem perlu dibersihkan atau perlu perbaikan atau bahkan sudah usang dan harus diganti.
3. Merasakan Getaran Pada Setir Saat Melakukan Pengereman
Cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan merasakan setir pada saat melajukan mobil. Ketika melajukan mobil jika merasakan setir bergetar, bisa dipastikan bahwa kaliper rem mengalami perlengketan. Coba periksa apakah terdapat karatan pada bagian tersebut dan coba bersihkan atau bawa ke bengkel mobil.
4. Periksalah Kondisi Rem Tangan
Untuk mengecek rem tangan ini sangat mudag sekali. Cobalah untuk menarik tuasnya, jika mendengan bunyik klik lebih dari sekali maka rem tangan masih berfungsi dengan baik. Akan tetapi jika saat menariknya bunyi klik yang dihasilkan hanya sekali dan tarikannya sangat ringan, berarti rem tangan mengalami masalah.
5. Periksalah Minyak Rem Pada Mobil
Anda bisa membuka kap mobil untuk melihat apakah minyak rem masih cukup, bisa dilihat pada bagian resevoirnya. Pastikan minyak rem terisi melebihi batas garis yang dianjurkan (batas normal). Anda harus memastikan jumlah minyak rem ya, karena dapat mengakibatkan sesuatu yang fatal jika jumlahnya kurang. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi rem blong saat dalam perjalanan. 

Demikian tadi adalah cara mengecek rem mobil yang bisa Anda coba lakukan sebelum mengendarai mobil. Jangan lupa untuk memastikan semua komponen mobil dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Yang terpenting adalah senantiasa berdoa sebelum mengendarai mobil agar selalu dilindungi dan selamat menuju tempat tujuan.

Post a Comment

Copyright © Blog Otomotif. Designed by OddThemes