Test Drive Mobil Hyundai Ioniq

Mobil Hyundai Ioniq

Mobil listrik telah hadir di Indonesia, mobil tersebut adalah mobil Hyundai Ioniq, mobil listrik murni. Mobil Hyundai Ioniq ini menjanjikan emisi nol, mobil yang mempunyai karakter lebih bertenaga dan yang paling penting adalah biaya perawatannya yang murah. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas bagaimana Mobil Hyundai Ioniq sebagai berikut:

Mobil Hyundai Ioniq mempunyai dimensi panjang 4.470 mm dengan lebar 1.820 mm dan tinggi 1.475. Dilihat secara sekilas, tidak ada perbedaan antara mobil Hyundai Ioniq ini dengan mobil konvesional lainnya, dan secara tampilan mobil Hyundai Ioniq terlihat keren dan sesuai dengan perkembangan zaman.
Begitu juga dengan kabin, sama dengan kabin kebanyakan mobil-mobil konvensional. Kalau pun ada perbedaan hanya pada tuas transmisi di kabin. Mobil Hyundai Ioniq tidak memakai transmisi dikarenakan tenaga listrik pada mobil dapat langsung dialirkan ke roda. Akan tetapi tombol untuk maju (D), mundur (R), netral (N), dan parkir (P) masih tetap ada. Selain itu ada juga tombol mode berkendaraan, ECO, Normal, dan Sport setra ditambah lagi dengan rem parkir dan Auto Hold.
Mobil Hyundai Ioniq memiliki kaca ganda di bagian belakang yang berfungsi untuk mendukung visibilitas pengemudi ketika melihat ke belakang. Tampilan depan tidak memiliki grill bolong, akan tetapi masih ada aliran udara tambahan apabila mobil Hyundai Ioniq membutuhkan pendingin.
Untuk informasi tentang mobil, dapat dilihat pada layar yang sudah full digital yang terletak pada MID belakang setir dan pada layar sentuh di tengah dasbor.

Untuk fitur, mobil Hyundai Ioniq menempatkan paddle shift yang fungsinya bisa merubah menjadi tuas pengaturan regeneratif breaking dan untuk mengisi ulang baterai saat melakukan deselarasi. Selain itu, ada juga fitur-fitur seperti jok yang sudah elektik, adanya pengaturan memori, kamera mundur, dan wireless charging. Dan fitur yang terakhir adalah fitur keselamatan yaitu 7 airbags, side+curtain, front thorax & pelvis + curtain, knee. 

Mobil Hyundai Ioniq menggunakan baterai Ioniq Electric yang berkapasitas 38,3 kWh, sehingga tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 133,28 Hp dan toris 295 Nm. Konsumsi energi listriknya juga hemat, dengan kapasitas baterai 38,3 kWh, mobil Hyundai Ioniq bisa melakukan perjalanan 8-10 km per 1 kWh, bahkan dengan baterai full, mobil ini bisa berjalan sekitar 300 km.

Bagaimana dengan suaranya? Mobil listrik Hyundai Ioniq tidak terdengar suaranya sama sekali kecauali suara ban. Hal ini terjadi karena peredam pada kabain sangat baik, sehingga bisa mengisolasi kabin dari suara-suara diluar.
Sedangkan untuk handling, mobil Hyndai Ioniq juga sangat baik. Hyundai Ioniq menawarkan handling yang aman, tidak istimewa ketika bermanuver namun sama sekali tidak buruk. Redaman suspensinya cukup nyaman, apalagi ditambah dengan ban berprofil tebal, sehingga terasa empuk ketika melintasi permukaan jalan tidak rata.

Akan tetapi ada satu permasalahan yang cukup serius tentang mobil Hyundai Ioniq ini, yaitu sistem pengecasan. Pertanyaannya adalah dimana dan bagaimana ngecas baterainya, karena tidak semua kapasitas listrik rumah tangga bisa meladeni asupan daya listriknya.




Post a Comment

0 Comments