Tutorial Cara Merawat Motor Matic yang Benar

Merawat Motor Metic

Trend penggunaan motor matic memang tidak lagi masif dan lazim digunakan oleh laki-laki maupun perempuan, maka tidak heran jika pasarannya mengalahkan pasaran motor bebek dan motor sport. Untuk kamu pengguna motor matic wajib tahu cara merawat motor matic.

Perlu diperhatikan bahwa perawatan motor matic yang menggunakan sistem pembakaran karbulator ataupun injeksi membutuhkan perawatan khusus yang lebih telaten dan harus hati-hati. Berikut ini beberapa cara merawat motor matic.

1. Rutin Memanaskan Mesin Motor di Pagi Hari
Memanaskan mesin motor matic merupakan cara merawat mesin agar oli dalam mesin bisa melumasi mesin untuk menghasilkan perfoma mesin lebih maksimal. Cukup  panaskan motor kurang lebih 5 sampai 10 menit dan menggunakan kick stater saja.

2. Ganti oli secara berkala
Tidak saja harus berpatok pada acuan kilometer untuk ganti oli, ada baiknya ganti oli berkala setiap 2 – 3 bulan sekali dan menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic.

3. Jangan Kehabisan Bensin
Jangan biarkan motor matic kehabisan bensin karena bensin habis  ketika sedang dikendarai bisa merusak mesin motor, terlebih jika kamu menggunakan motor matic injeksi. Jangan sampai membiarkan bensin menunjukan indikator E pada speedometer dan biasakan untuk mengisi penuh bahan bakar guna mengantisipasi hal tersebut.

4. Check kondisi vanbelt dan roler
Bagi pemilik motor matic wajib memeriksa kondisi vanbelt karena kondisi vanbelt yang berbahan karet dikhawatirkan bisa putus di tengah jalan dan mengakibatkan motor berhenti dan tak bisa berjalan. 

5. Perawatan AKI
Mati AKI adalah masalah yang sering dihadapi pengguna motor matic yang menyebabkan hilangannya power dari motor, berkurangnya cahaya lampu, dan harus menggunakan kick starter untuk menyalakannya. Untuk menghindari masalah tersebut, gantilah AKI dalam kurun waktu 7 – 8 bulan setelah penggantian terakhir.

6. Menyetabilkan Kecepatan Gas
Kecepatan gas pada motor matic yang kurang stabil akan merusak mesin dan vanbelt motor.

7. Mengganti Oli Shockbreaker
Perlu dilakukan pergantian yang bertujuan menjaga kondisi shock motor agat tetap berfungsi normal. Pergantian oli Shock Motor bisa dilakukan ketika sudah mencapai 10000 km.

8. Servis Rutin 
Servis berkala motor matic dilakukan di bengkel resmi dengan penanganan yang meliputi penggantian oli, pembersihan karburator, dan seting motor. Sebaiknya kamu melakukan servis berkala setiap 3 bulan sekali.

9. Gunakan Bensin Berkualitas
Cara merawat motor matic yang tidak bisa disepelekan adalah penggunaan bensin. Gunakanlah bensin yang berkualitas karena kualitas bensin sangat mempengaruhi kualitas mesin motor

Post a Comment

Copyright © Blog Otomotif. Designed by OddThemes