Simaklah, Cara Merawat Mobil Matic Dengan Benar

Cara Merawat Mobil Matic

Cara merawat mobil matic yang benar perlu Anda dipahami sekaligus dipraktekkan agar tetap aman dan nyaman saat berkendara. Mobil matic memiliki banyak penggemar karena mudah dikendarai dan lebih praktis dibanding mobil bertransmisi manual.

1. Ganti Oli

Salah satu cara merawat mobil matic yang tidak boleh diabaikan adalah mengganti oli secara teratur dan rutin. Jika jarak tempuh mobil Anda suda mencapai50.000 km atau lebih sering digunakan, maka penggantian oli bisa dilakukan tanpa harus menunggu jarak tempuh mencapai 50.000 km.

Memastikan kondisi oli transmisi mobil dari dipstick. Apabila Anda menemui volume oli berada di bawah garis rendah bisa saja terjadi kebocoran. Namun, jika oli mengalami perubahan warna menjadi cokelat susu berarti oli tercampur air dan wajib segera olinya diganti.

2. Memerhatikan Posisi Transmisi

Memposisikan transmisi secara tepat adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Cara merawat mobil matic perlu diterapkan dan dijadikan kebiasaan saat mengendarai mobil matic. Katika mobil berhenti, maka tuas transmisi wajib berada diposisi Netral (N). Jangan membiarkan tuas transmisinya berada pada posisi Drive (D) karena jika posisi transmisi berada pada posisi D ketika mobil berhenti bisa menyebabkan kanvas kopling terus bergesekan.

3. Memanaskan Mobil Matic

Manfaat yang Anda dapatkan dengan rutin memanaskan mobil sebelum menggunakannya adalah maka transmisi mobil matic bisa awet dan termasuk cara merawat transmisi mobil matic yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Tuas transmisi mobil matic harus diposisikan ke N ketika mobil dipanaskan karena akan sangat berpengaruh terhadap usia penggunaannya.

Kebiasaan yang wajibdihindari agar transmisi mobil matic tetap awet digunakan adalah sistem yang terdapatpadaperangkat transmisi mobil matic. Semua perangkat transmisi mobil matic memerlukan waktu beberapa detik untuk memberi tekanan dari oli ke konverter torsi.Proses tersebut bisa saja terganggu jika terdapattekanan besar secara mendadak yang mengakibatkan katup solenoid mengalami kerusakan.

Demikianlah ulasan mengenai cara merawat mobil matic yang bisa Anda lakukan dan menjadikannya kebiasaan agar mobil matic Anda tetap awet.




Post a Comment

0 Comments