Produksi Daihatsu Tembus 30 Juta Unit

Mobil Daihatsu

Produksi motor Daihatsu di Jepang kini telah mencapai 30 juta unit. Jumlah ini berdasarkan banyaknya kendaraan bermerk Daihatsu yang diproduksi hingga bulang September 2020 di Negara Jepang. Ini juga sudah termasuk kendaraan yang akan di ekspor dalam bentuk completely built up (CBU) dan completely knock down (CKD).

Hatsudoki Seizo Co., Ltd. adalah nama pertama yang digunakan oleh Daihatsu Motor yang didirikan pada tahun 1907. Pada saat itu, Hatsudoki Seizo memproduksi mesin domestik untuk pembakaran internal yang bekerjasama dengan dunia akademisi.

Daihatsu Motor memulai bisnis kendaraan pertamanya pada tahun 1931 dengan meluncurkan kendaraan roda tiga dengan kapasitas 500 cc pada saat itu. Setelah perang dunia kedua atau tepatnya tahun 1957, Daihatsu Motor mulai meluncurkan kendaraan roda tiga dengan jenis truk mini yaitu Daihatsu Midger atau yang dikenal di Indonesia dengan sebutan ”Bemo”. Pada saat itu, kendaraan bemo ini sempat menjadi kendaraan operasional pada saat berlangsungnya Asian Game di Indonesia pada tahun 1962.

Pada tahun 1958, Daihatsu baru meluncurkan kendaraan roda empat dengan jenis truck kompak, yaitu Daihatsu Vesta, ini merupakan peluncuran pertama kendaraan roda empat yang dilakukan oleh Daihatsu Motor. Setelah itu, baru kemudian Daihatsu Motor meluncurkan kendaraan komersilnya yaitu Daihatsu Hijet. Peluncuran ini terjadi pada tahun 1960. Menyusul kemudian Charade pada tahun 1977 dan yang terakhir pada tahun 1980 meluncurkan Daihatsu Mira, yang oleh masyarakat Indonesia lebih mengenalnya dengan sebutan Daihatsu Ceria. 


Mobil Daihatsu

Sejak tahun 2019 Daihatsu Motor telah meluncurkan berbagai produk/merk baru hasil produksi Daihatsu Motor yang kesemuanya menerapkan platform berbasis Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Selain itu, dengan menerpakan konsep Simple, Slim, Compact (SSC), Daihatsu Motor juga telah memproduksi banya mobil berkualitas tetapi dengan biaya yang sangat hemat.

Di Jepang sendiri, produksi Daihatsu Motor di produksi di bebrbagai tempat, yaitu di Shiga (Ryuo) Plant, kemudian di Kyoto Plant, Ikeda Plant, dan yang terakhir di Oita (Nakatsu) Plant.

Sedangkan untuk Indonesia, produksi yang telah ada dan dipasarkan oleh Daihatsu Motor yaitu model Granmax, Sigra, Luxio, Xenia, Sirion, dan Terios.

Post a Comment

Copyright © Blog Otomotif. Designed by OddThemes