Mobil Tetap Awet? Ini Cara Merawat Mobil yang Benar

 

Merawat Mobil Dengan Benar

Memiliki kendaraan khususnya mobil yang tetap bisa awet digunkan adalah impian kebanyakan orang. Mobil yang masih bisa digunakan meskipun sudah berusia lama merupakan kebanggan tersendi bagi Anda pemilik mobil. Jika, Anda termasuk orang yang tidak suka gonta-ganti mobil, pastinya Anda akan berusaha merawat mobil tercinta dengan sangat hati-hati agar bisa tetap dipakai. Atau Anda yang tidak memiliki kemampuan finansial untuk melakukan pergantian mobil, maka usaha yang akan Anda lakukan adalah dengan merawat AC mobil semaksimal mungkin.
 
Tidak menjadi masalah tentang apapun alasan Anda. Hanya saja jika memilki barang yang berguna tentunya keberadaan barang tersebut harus dirawat agar tetap berfungsi dengan baik. Begitu juga dengan mobil. Mobil juga membutuhkan perawatan yang berguna agar mobil tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Merawat mobil menjadi salah satu usaha yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk dari kepedulian.
 
Cara Merawat Mobil yang Baik dan Benar
Di artikel kali ini kita akan mengulas cara merawat mobil yang benar agar mobil tetap awet. Berikut cara merawat mobil yang benar.
1.    Cek Oli Secara Rutin
Dalam melakukan cek oli pada mobil Anda dianjurkan untuk melakukannya setiap 10.000 km atau per 6 bulan sekali. Hal tersebut merupakan arahan yang terdapat dalam petunjk buku manual. Namun, bagi Anda yang mengendarai mobil yang sering menhadapi kemacetan panjang, sebaiknya Anda melakukan pergantian oli setiap 5.000 km.
Selain berdasarkan panjang jarak tempuh pada mobil, Anda juga harus mengganti oli mobil apabila sudah terlihat warna hitam dan encernya oli. Dan juga apabila Anda merasakan kasar atau terasa tidak nyaman pada mesin mobi, maka Anda harus mengganti oli.

2.    Cek Kopling dan Rem
Jika mobil Anda sudah memasuki 10.000 dan 50.000 km sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan kendaraan. Ampas kopling yang mulai aus menyebabkan perpindahan gigi terasa berat. Ada harus rutin melakukan pengcekkan pada rem dengan mengganti minyak rem setiap 20.000 km.

3.    Mengganti Air Radiator
Air radiator yabg diganti dengan didak sembaranga menjadi kewajiban yang diperhatikan dalam merawat  mobil kesayangan Anda. Hal tersebut berguna dalam menunjang peforma dari mobil itu sendiri.

4.    Aki
Pengcekkan aki juga pelu dilakukan secara rutin oleh Anda pemilik mobil. Sebaiknya Anda pastikan air aki ada pada level yang seharusnya. Level yang seharusnya adalah di antara garis batas penanda atau dengan mengukur tegangan aki menggunakan voltmeter.
 
5.    Periksa Ban dan Tekanan
Ternyata tekanan ban sangat penting dan berpengaruh dalam keselamatan mengendarai mobil. Minimalnya sebulan sekali dan sebelum melakukan perjalanan jauh Anda melakukan pemeriksaan kondisi ban secara fisik (luarnya) dan pada tekanannya.

6.    Cek Kabel dan Lampu Secara Rutin
Kenyamanan Anda dalam melakukan perjalanan akan sangat akan berpengaruh, ada baiknya Anda melakukan pengcekkan pada kabel dan lampu yang terdapat pada mobil agar tidak terjadi masalah di tengah perjalanan. Anda hanya perlu melakukan pemriksaan secara rutin pada 2 komponen tersebut. ApabilaAnda menemukan kerusakan pada salah satu atau kedua komponen, gantilah ke bengkel resminya dan menggantinya sesuai dengan rekomendasi pabrik.

7.    Mencuci Mobil
Mencuci mobil merupakan upaya merawat mobil yang bisa Anda lakukan sendiri. Hanya hanya perlu mencuci dengan sabun khusus yang sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa melakukannya sekali seminggu. Tujuannya agar badan mobil Anda terlihat bersih dan mengkilat. Jika Anda malas untuk melakukannya, Anda bisa datang ke jasa cuci mobil yang sudah banyak keberadaannya.

Post a Comment

Copyright © Blog Otomotif. Designed by OddThemes