Mobil Listrik Hyundai Ioniq, Mobil Listrik Yang Ramah Lingkungan

Mobil Listrik Hyundai Ioniq
  

Bagi pecinta otomotif di tanah air, wajib tahu adanya mobil baru. Pasalnya,  PT Hyundai Mobil Indonesia atau HMI telah mengeluarkan mobil dengan teknologi baru. Namanya mobil listrik Hyundai Ioniq, yang didatangkan langsung atau CBU dari Negara Korea Selatan. Hyundai akan memperkenalkan tiga tipe mobil listriknya. Tipe tersebut adalah Ioniq 5, Ioniq 6, dan Ioniq 7.

Serangkaian mobil listrik tersebut diberikan nama numerik. Angka genap untuk sedan, sedangkan ganjil untuk SUV. Ioniq pertama akan diluncurkan pada tahun 2021, dan lainnya akan diluncurkan berurutan sampai tahun 2024. Mobil listrik ioniq belum resmi dijual untuk konsumen umum. Untuk peluncuran pertamanya akan bekerja sama dengan Grab. Agar tidak semakin penasaran, berikut penjelasan spesifikasi mobil listrik ioniq. 

Spesifikasi Mobil Listrik Hyundai Ioniq
Mobil listrik hyundai Ioniq akan dibuat menjadi dua versi. Mobil listrik untuk taksi dan konsumen umum. Keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan, hanya berbeda di dalam fitur saja. Untuk lebih jelasnya, akan dijelaskan beberapa spesifikasi mobil listrik tersebut.

1. Dimensi
Untuk kedua versi mobil listrik Hyundai memiliki platform yang sama. Oleh karena dimensinya tidak ada perbedaan. Kedua versi tersebut juga mempunyai jarak yang sama. Dimensi mobil Ioniq dari Hyundai memiliki dimensi dengan panjang 4.470 mm. Sedangkan lebarnya 1820 mm, dan tinggi 1475 mm. Untuk jarak sumbu rodanya 2700 mm. 

2. Eksterior
Untuk tampilan depan mobil listrik hyundai Ioniq mengusung pola grille dan ditutupi aksen berwarna perak. Untuk dua versi mobil listrik Hyundai memiliki perbedaan pada desain lampu utama dan lampu belakang. Untuk Ioniq versi konsumen umum, eksteriornya memiliki lampu LED depan dan belakang. Sedangkan untuk versi taksi tidak memakai LED.
 
3. Mesin
Perlu diketahui, mobil listrik Ioniq dari Hyundai mengadopsi baterai lithium-ion ploymeryang berdaya 38,3 kw. Baterai ini bisa diisi ulang hingga 80 % dengan waktu 57 menit dengan fastcharging 50 kw. Baterai tersebut dipadukan dengan mobil listrik yang bisa menghasilkan tenaga setara 134 dk dengan torsi 298 Nm. Dan jika diisi penuh maka akan mampu berjalan sampai jarak 373 km menurut NEDC. 

4. Interior
Untuk ruang kabin, jok penumpang mobil listrik hyundai Ioniq menggunakan selimut kulit dengan tambahan fitircaptain. Untuk versi taksi tidak dibekali fitur jok elektrik. Untuk versi taksi dibekali layar cluster supervision TFT LCD 7 inci. Yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada penumpang. Fitur lainnya adalah layar sentuh audio 8 inci. 

5. Fitur berkendara
Untuk fitur ini, mobil Hyundai Ioniq memiliki tiga mode. Yaitu mode eco, sport, dan comfort. Pada setir kemudi terdapat paddle shifter untuk memaksimalkan efisiensi kendaraan. Dengan cara menambah dan mengurangi tingkat pengreman. Ada pula sistem shift by wire untuk memungkinkan perpindahan gigi dan rem parkir hanya dengan satu tombol. Untuk transmisinya menggunakan single speed reduction gear. 

6. Fitur keselamatan
Untuk fitur keamanan pada mobil listrik hyundai Ioniq memiliki tujuh buah airbag yang tersebar pada sisi kemudi dan penumpang depan. Selain itu terdapat Parking Distance Warning, tire pressure monitoring system, anti lock braking system, hill assist control, dan electronict stability control. 

Demikian spesifikasi dari mobil listrik hyundai Ioniq. Untuk awal masuk di Indonesia, Hyundai Ioniq akan diperkenalkan sebagai taksi atau angkutan umum. Yang akan dioperasikan oleh Grab. Untuk harganya memang masih belum pasti, karena kedua versi tentunya memilki harga berbeda. Tapi sedikit bocoran ada yang menyebutkan, mobil listrik ini akan dibanderol seharga 569 juta. Bagaimana, tertarik dengan mobil ramah lingkungan ini?

1 comment :

Copyright © Blog Otomotif. Designed by OddThemes